Contoh Surat Kuasa, Temani Anda Belajar Menjadi Lebih Baik!

Contoh Surat Kuasa, Temani Anda Belajar Menjadi Lebih Baik!

Belajar membuat surat tidak hanya berdasarkan materi. Anda harus menjalankan praktik, seperti menulis contoh surat kuasa. Bagaimana cara mulai menulisnya?

Aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, tidak melulu dapat dilakukan secara mandiri. Ada kalanya, kita membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu. Namun seseorang tersebut tidak diperbolehkan segala hal tanpa izin. Di sinilah surat kuasa dibutuhkan untuk memberikan kuasa dalam melakukan suatu tindakan. Belum paham bagaimana cara menuliskannya? Anda dapat mengikuti contoh surat kuasa dibawah ini.

Apa Itu Surat Kuasa?

Surat kuasa adalah surat yang berisi pemberian kuasa dan wewenang kepada seseorang untuk dapat bertindak atas nama pemberi kuasa. Hal ini dikarenakan, pemberi kuasa tidak dapat melakukan pekerjaannya ataupun tidak dapat hadir karena kendala lainnya. Namun penerima kuasa, tidak memiliki kesempatan melakukan hal lain, selain yang tertera pada surat. Umumnya surat kuasa dibutuhkan untuk akses pada rekening bank ataupun hal-hal legal lainnya.

Apa Saja Jenis Surat Kuasa?

Untuk menambah pengetahuan anda, perlu diketahui bahwa surat kuasa memiliki beberapa jenis. Setiap jenis memiliki fungsi masing-masing, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Surat Kuasa Resmi

Jenis surat ini merupakan surat yang dibuat oleh perusahaan. Surat dibuat oleh posisi pejabat untuk pekerja yang terkait dengan pekerjaan dalam perusahaan tersebut. Contohnya, surat untuk pengambilan barang atau pengambilan uang di bank dan contoh lainnya.

2. Surat Kuasa Khusus

Surat berikutnya adalah surat kuasa khusus. Surat ini biasanya dibuat untuk pihak-pihak yang akan terkait langsung dengan pengadilan. Contohnya, surat untuk pencairan dana warisan ataupun surat lain yang berkaitan dengan pengadilan.

3. Surat Kuasa Pribadi

Satu jenis surat kuasa lainnya adalah surat kuasa pribadi. Surat kuasa ini merupakan surat keterangan yang dibuat oleh seseorang yang memiliki hak kepada penerima hak. Contohnya, surat pengambilan ijazah, surat pengambilan uang gaji dan yang lainnya.

 

 

Contoh Surat Kuasa

 

Surat Kuasa

 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                    :

Tempat Tanggal Lahir        :

Alamat                                  :

Berikutnya disebut dengan Pemberi Kuasa

Nama                                    :

Tempat Tanggal Lahir        :

Alamat                                  :

Berikutnya disebut dengan penerima kuasa

Dengan surat ini, saya memberi surat kuasa kepada anak saya untuk mengcairkan uang secara elektronik sebesar Rp 30.000.000 pada akun Bank BNI saya, dengan data ini:

No. Akun                             : 1231231231233

Atas nama                          :

Surat kuasa ada pada tanggung jawab penuh dari Pemberi Kuasa

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun. Sehingga harapannya dapat digunakan sebagaimana mestinya

Klaten, 22 Maret 2019

Penerima Kuasa                                                                                                                Pemberi Kuasa

(………….………….)                                                                                                               (……………………..)

Sudah pahami contoh di atas? Anda dapat lebih memahaminya dengan membaca dan mempraktikannya secara langsung. Karena pembelajaran materi tanpa praktik langsung contoh surat kuasa, tidak akan memberi makna apapun. Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba dan melakukannya.