Ide Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Fungsional

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Konsep rumah minimalis 2 lantai saat ini sedang tren mengingat keterbatasan lahan di rumah minimalis. Karenanya, desain rumah minimalis 2 lantai ini sebaiknya dioptimalkan agar tetap fungsional. Anda dapat menerapkan berbagai konsep desain di bawah ini sebagai rekomendasi penciptaan hunian yang lebih fungsional dan tidak membosankan tentunya.

  1. Desain Rumah Open Plan

Rumah minimalis yang lebih sempit dapat didesain sedemikian rupa agar tampak lebih luas dan fungsional. Anda dapat menerapkan konsep rumah open plan. Konsep ini sangat fresh dan membuat Anda makin nyaman karena tidak bosan dengan kondisi ruangan yang itu-itu saja. Jadi, konsep ini menggabungkan dua ruangan sekaligus agar nuansanya tidak monoton.

Sebagai contoh, ruang keluarga dan ruang tamu yang berbeda fungsi tersebut dibiarkan tanpa sekat. Tujuannya adalah agar terdapat ruangan terbuka yang luas untuk menyegarkan pandangan. Jika ingin lebih privasi, Anda dapat menambahkan sekat berupa partisi, pintu kaca, atau tirai setengah bagian, asalkan tidak memberi sekat penuh dan permanen.

  1. Desain Rumah Split Level

Pernahkah Anda mendengar desain split level? Desain ini sangat cocok untuk rumah minimalis 2 lantai agar lebih fungsional. Jadi, ruangan di rumah minimalis akan lebih lengkap karena bisa ditambah dengan penerapan lantai yang bertingkat. Jadi, meskipun sudah terdapat 2 lantai, Anda bisa menambahkan lantai lagi di antaranya untuk beberapa ruang saja.

Jadi, sistem penambahan lantai tersebut hanya terbatas untuk beberapa ruang saja dan tidak sepenuhnya seperti 2 lantai utama lainnya. Hal ini tentu saja akan menambah fungsi rumah dengan jumlah ruangan yang bertambah. Dengan cara ini, Anda berkesempatan mempunyai ruang penyimpanan barang, perpustakaan mini, ruang baca, dan sebagainya.

  1. Desain Rumah Tropis

Desain rumah minimalis selanjutnya adalah rumah tropis. Desain rumah yang satu ini lebih mengutamakan kesejukan ruangan dan lingkungan luar rumah. Anda dapat memilihnya agar rumah lebih fungsional karena sekaligus bisa digunakan sebagai tempat penyegaran dari kepenatan. Tak hanya itu, area hijau di dalam rumah bisa mempercantik desain.

Rumah minimalis 2 lantai dengan konsep rumah tropis ini dapat diterapkan di lantai satu dan juga lantai 2. Anda dapat membangun ruang terbuka hijau di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan pandangan ketika berada di dalam rumah. Aneka tanaman berbunga dan rerumputan hijau sangatlah nyaman dipandang ketika sedang penat atau jenuh.

  1. Rumah dengan Ruang Mezzanine

Ruang mezzanine adalah ruang menggantung yang ada di rumah. Ruangan tambahan ini tentu saja meningkatkan fungsi rumah minimalis. Anda akan mendapatkan tambahan ruangan yang unik, sehingga penataan barang lebih rapi karena tidak menumpuk di salah satu bagian rumah. Ruang mezzanine ini berada di bawah tangga dengan lantai menggantung.

Desain ruangan yang unik ini sangat membantu dalam memberikan sensasi baru. Kenyamanan berada di rumah minimalis juga akan bertambah. Anda bisa memanfaatkan ruangan menggantung ini sebagai perpustakaan mini, kamar tidur, ruang baca, atau bahkan tempat penyimpanan aksesoris.

Keberadaan ruang mezzanine ini dapat didesain semenarik mungkin sesuai selera Anda agar makin nyaman ketika menggunakannya. Bahkan, Anda bisa menerapkan suatu tema tertentu yang pas sesuai dengan fungsi ruangan tersebut. Anda bisa membuat beberapa ruang menggantung ini sesuai kebutuhan, namun tetaplah memperhatikan keindahan tata ruang.

Desain rumah minimalis 2 lantai tersebut mampu menjadikan setiap ruangan jadi lebih fungsional. Setiap bagian rumah juga terlihat makin luas. Anda akan mendapatkan ruangan yang fungsinya optimal, desainnya menarik, serta mempunyai tata ruang yang rapi. Agar berjalan sesuai rencana, Arsitag sebagai jasa desain terpercaya dapat mewujudkannya.