Tetap Tenang: Cara Mengatasi Hidung Bayi Mampet Tapi Tidak Pilek

Cara Mengatasi Hidung Bayi Mampet Tapi Tidak Pilek

Kehadiran buah hati ditengah keluar tentu menjadi karunia yang luar biasa. Orang tua akan melakukan apapun untuk memberi perlindungan terbaik. Pada dasarnya bayi yang lahir dalam keadaan rentan. Ia belum terbentuk dengan sistem imun yang masih lemah. Tentu saja bayi membutuhkan dukungan eksternal dalam meningkatkannya. Flu ataupun pilek jadi salah satu bentuk dari ketidaknyamanan bayi.

Berhubung masih kecil mereka hanya bisa menangis dan memberi petunjuk kecil pada orang tua. Saat seperti ini diharapkan ibu tak perlu khawatir. Pasalnya, hidung mampet pada si kecil jadi keluhan yang cukup sering terjadi pada bayi.  Kondisi hidung mampet tersebut terjadi karena terjadi pembengkakan pada bagian yang berada di dekat hidung. Sama seperti orang dewasa keadaan itu sering menjadikan nafas jadi lebih berat.

Sehingga tidak heran jika bayi akan sulit tidur dan kian rewel. Bahkan terkadang mereka harus menggunakan mulut sebagai jalan bernafas. Apabila ini dilakukan maka yang terjadi adalah terdengar suara seakan menggorok saat tidur. Seperti yang sudah diketahui hidup mampet juga disebabkan oleh lendir. Berhubung masih bayi mereka tidak bisa melakukannya sendiri. Ketika kondisi ini dibiarkan maka lendir bakal jadi mengeras.

Proses tersebut membuat kotoran keluar dengan sendiri. Namun, untuk sampai pada tahapan ini memerlukan waktu cukup lama. Tidak mungkin Anda membiarkan si kecil nangis setiap malam bukan? Sedangkan apabila Anda memilih untuk membawanya ke dokter. Biasanya para profesional akan menganjurkan penambahan cairan. Sehingga ASI tetap menjadi aspek yang harus diberikan dua kali lebih banyak.

Membahas mengenai kesehatan bayi kerap membawa orang tua pada tahap yang cukup menegangkan. Hal ini dikarenakan oleh berbagai alasan. Salah satunya bayi belum mampu mengungkap apa yang diinginkan. Ataupun seperti apa kondisi yang dirasakan. Sehingga menuntut orang tua untuk lebih sabar. Setidaknya usahkan agar ASI tetap memenuhi standar. Bagaimanapun ASI menjadi obat paling ampuh untuk bayi. Banyak sumber yang mengungkap bahwa ASI menyumbang begitu banyak daya tahan bagi anak.

Disamping menjadi faktor yang nantinya memperkuat hubungan si kecil dengan ibu. Sampai disini semakin jelas bahwa tidak ada alasan untuk tak memberikannya pada bayi. Saking penting ada baiknya ASI diberikan dari awal bayi lahir. Sebab, komponen tersebut yang nantinya membangun sistem imun pada anak. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Mengingat kunci dasar dari kesehatan bayi mampu diberikan secara langsung.

Pertanyaan yang kemudian muncul. Bagaimana dengan cara mengatasi hidung bayi mampet tapi tidak pilek? Kondisi seperti ini biasanya membuat bayi sangat rewel. Mereka tidak mampu tidur dengan nyenyak. Banyak juga dari kejadian yang membuat bayi dengan minum ASI. Sebab, gangguan pernafasan yang membuat berat saat bernafas. Nah, berikut penjelasan singkatnya:

  1. Hilangkan lendir

Keberadaan di hidung jelas membuat bayi kesulitan bernafas. Biasanya sebagai penganti si kecil akan menggunakan mulut. Namun, efeknya bayi tidur dengan nafas yang terdengar mengorok. Jadi, ibu mampu menggunakan pipet untuk membantu lendir terangkat. Lakukan langkah ini dengan sangat hati-hati.

  1. Tambah cairan

Selanjutnya sebisa mungkin untuk terus memberi ASI pada bayi. Hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi pada tubuh si kecil.

  1. Pelembap udara

Berikutnya menjaga udara di kamar agar tetap lembap. Selain itu buat bayi agar beristirahat lebih banyak.